• Kontak Kami
  • Hotline : 081287221986
  • SMS : 081287221986
  • BBM : 57A60E11

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 ~ 17.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Lima Manfaat Bermain Lego untuk Anak

Lima Manfaat Bermain Lego untuk Anak

Diposting pada 16 August 2017 oleh Edukatif Toys

Jakarta, CNN Indonesia — Dunia anak adalah dunia bermain. Jenis permainannya bisa menggunakan berbagai tipe, seperti elektronik dan bermain di taman. Tapi sebagai orang tua, ada baiknya memilihkan mainan yang bisa menjadi sarana belajar anak. Salah satunya adalah lego.

Lego sendiri sebenarnya adalah sebuah merek dari permainan berjenis bongkar pasang. Anak-anak dapat mewujudkan imajinasinya ke dalam bentuk 3D dengan cara menggabungkan blok-blok yang tersedia.

Saking populernya mainan ini, membuat merek tersebut melekat tiap kali menyebut mainan sejenis.

Berikut beberap manfaat yang akan didapat anak dengan bermain lego:

1. Mengembangkan ketrampilan spasial
Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang gemar membangun sebuah konstruksi, cenderung lebih berkembang dalam ketrampilan spasialnya. Sekelompok anak TK secara acak diminta untuk bermain lego dan membangun sebuah konstruksi. Hasilnya, mereka ini mengungguli kawan mereka pada tes visualisasi spasial, rotasi mental, dan blok bangunan.

2. Kemampuan matematis
Dalam sebuah studi, anak usia 4 tahun yang bermain lego memiliki efek jangka panjang yang baik. Memainkan lego dengan lebih sulit pada usia pra sekolah akan meningkatkan prestasi matematika saat anak memasuki tingkatan sekolah yang lebih tinggi.

3. Meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah
Ahli psikologi mendefinisikan masalah ke dua tipe. Masalah konvergen yang hanya memiliki satu solusi pemecahan, dan permasalahan divergen yang dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Ketika anak dapat memasangkan blok dengan berbagai macam cara, maka bermain lego ada sebuah permainan divergen. Bermain secara divergen anak anak akan berpikir lebih kreatif dan dapat mencari berbagai solusi ketika menemui permasalahan.

4. Kemampuan bersosialisasi
Anak-anak akan menjadi lebih ramah dan pandai bersosialisasi ketika mereka bermain membuat sebuah konstruksi secara berkelompok. Misalnya anak-anak autis diminta untuk bermain lego bersama sebuah kelompok bermain, mereka akan menunjukkan peningkatan kemmauan sosial dibanding dengan anak autis yang diajarkan bersosialisasi dengan bahasa.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa
Pada sebuah studi yang mencoba meneliti anak-anak usia 1,5 hingga 2,5 tahun yang bermia lego menunjukkan sebuah hasil yang mencengangkan. Anak-anak ini mendapat nilai lebih tinggi pada tes kosakata, tata bahasa, dan pemahaman verbal. Belum diketahui penyebab pastinya, mungkin karena anak menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang tua maka memiliki waktu lebih banyak untuk saling mengobrol.

 

 

Bagikan informasi tentang Lima Manfaat Bermain Lego untuk Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Lima Manfaat Bermain Lego untuk Anak | Edukatif Toys | Mainan Edukatif

Belum ada komentar untuk Lima Manfaat Bermain Lego untuk Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 11%
Rp 733.000 Rp 819.000
Ready Stock / LC10704
OFF 10%
Rp 172.000 Rp 192.000
Ready Stock
SIDEBAR